Lezat, Ini Resep Bakso Kenyal dengan Kuah untuk 100 Porsi

Bakso adalah makanan yang sudah ada sejak abad ke-5 dan ada di setiap negara dengan resep yang bervariasi. Sedangkan di negara ini bakso pertama kali dibawa oleh para pedagang dari Tiongkok yang merantau dan menetap di Indonesia huffpuffbbq. Di Indonesia, bakso menjadi makanan paling dicari, tak heran banyaknya restoran dan warung-warung bakso pasti selalu laris pembeli.

Kuliner bakso dengan ciri khas gurih itu disajikan bersama mie keriting, bihun, potongan tetelan daging sapi, irisan seledri dan bawang goreng kemudian disiram kuah kaldu bersama dengan bulatan-bulatan bakso kenyal.

menyiapkan artikel terkait resep membuat bakso mudah dan kenyal beserta kuahnya yang lezat, berikut resep bakso dan bahan-bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu:

1. Daging sapi 2,5 kg

2. Urat 1,5 kg

3. Sagu aren 1 kg

4. Lada bubuk 6 bungkus (ukuran sachet @3 gram)

5. Masako 6 bungkus

6. Bawang goreng 4 bungkus (sekitar seperempat kg)

7. bawang putih sesuai seperempat kg atau sesuai selera

8. Garam satu setengah bungkus

9. Penyedab rasa setengah kilo

10. tepung bakso 1 bungkus

Disajikan dengan Kuah Kaldu

Cara membuatnya adonan baksonya dimulai dengan menggiling semua dagingnya, jika daging sudah mulai hancur yang masih sedikit kasar ambil adonan sebanyak seperempat kilo dan sisishkan. Setelah itu, masukkan semua bumbu dan sedikit es batu ke dalam adonan daging pertama dan giling sampai semua bumbu tercampur jangan terlalu lama menggiling untuk menghindari adonan akan lembek saat dicetak.

Pindahkan ke wadah besar untuk memulai mencetak bulatan-bulatan baksonya. Sebelumnya bumbui adonan daging kasar yang sebelumnya disisihkan tadi dengan bumbu bawang putih, lada, dan kemiri yang sudah dihaluskan dan digoreng bersama sedikit garam dan penyedab rasa aduk rata.

Sebelum membuat abulatn-bulatan bakso, panaskan air di panci untuk merebus baksonya, jika air sudah mendidih kecilkan api. Setelah itu mulai memuat bulatan-bulatan besar dengan mengambil 2 sendok makan penuh adonan bakso pipihkan di telapak kanan kemudian ambil setengah sendok adonan kasar yang sudah dibumbui tadi taruh di tengah adonan.

Tutup adonan kasar tadi menggunakan adonan bakso yang sudah dipipihkan di telapak tangan tadi dan masukkan bulatan daging tersebut ke dalam air panci yang sudah mendidih tadi.

Lakukan hingga adonan daging kasar tadi habis, bakso-bakso itulah yang nantinya biasa disebut dengan bakso urat cincang. Jika masih ada sisa adonan setelah membuat bakso urat cincang, buat sisa adonan tersebut menjadi bakso bulatan-bulatan kecil, lakukan hingga adonan habis.

Sementara itu, haluskan setengah kg bawang putih, 1 ons lada, dan 2 ons kemiri, haluskan dan goreng hingga warna berubah menjadi kuning keemasandan menimbulkan aroma wangi. Kemudian panaskan air di panji besar setelah mendidih masukkan tulang dengkul sapi dan bumbu yang telah digoreng tadi.

Masukkan bulatan-bulatan bakso tersebut ke dalam panci berbumbu itu, kecilkan api. Siapkan mangkok isi dengan mie keriting kuning, bihun, irisan seledri, dan taburan bawang goreng di atasnya kemudian siram dengan kuah berbumbu beserta dengan baksonya yang direbus bersama kuah tadi.

Satu mangkok bakso lezat dan kenyal siap dinikmati bersama saus sambal, kecap dan sambal rawit rebus yang sudah diulek. Selamat mencoba dan menikmati.